Senin, 10 November 2014

Pengertian Reklame

REKLAME
Pengertian Reklame
Tujuan reklame adalah untuk memperkenalkan hasil suatu produksi atau barang kepada masyarakat luas sehingga masyarakat telah mengenal dan berusaha untuk memiliki atau membeli barang atau produk tersebut.
Arti reklame sebagai alat propaganda untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau barang.
Tujuannya: agar barang dagangan dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat dapat membeli, dan memilikinya.
Syarat Reklame
1.    Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
2.    Reklame tidak boleh bohong
3.    Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
4.    Warna harus bagus, menyolok atau kontras.

Sifat Reklame
-    Komersil, tujuannya untuk mendatangkan keuntungan
-    Sosial, tujuannya untuk menerangkan, menyiapkan, menganjurkan (saran), permintaan kepada masyarakat.

Bentuk-bentuk reklame : poster, spanduk, stiker, slide, brosur, pamflet.
Menurut pemasangannya dibagi menjadi 2, yaitu:
1.    Reklame di dalam ruangan. Contohnya: TV, radio, kalender, jam dinding
2.    Reklame di luar ruangan. Contohnya: poster, spanduk.

Fungsi reklame
1.    Memperkenalkan produk kepada masyarakat
2.    Alat komunikasi.

Jenis-jenis reklame
-    Iklan, adalah reklame yang ditujukan kepada masyarakat tertentu yang merupakan memperkenalkan atau menjual barang-barang
-    Poster, adalah reklame berupa papan pengumuman yang mengenalkan suatu produk yang terdiri dari gambar dan tulisan berisi himbauan dan anjuran
-    Spanduk, adalah reklame yang dibuat pada kain yang direntangkan di tepi-tepi jalan atau pada pohon-pohon atau di tempat-tempat penataran
-    Plakat, adalah pengumuman pada dinding atau tembok yang dipasang di tempat umum
-    Brosur, adalah bahan informasi tertulis yang terdiri dari beberapa halaman dan dapat dilipat
-    Pamflet, adalah selebaran kertas pengumuman yang disebarkan melalui kendaraan bermotor.

Reklame menurut peletakan medianya
1.      Reklame audio, adalah reklame yang hanya dapat dibuat dengan menggunakan suara. Contoh: radio.
2.      Reklame visual, adalah reklame yang dibuat melalui penglihatan atau yang dapat dilihat yang terdiri dari tulisan dan gambar. Contoh: poster, spanduk, majalah, slide.

3.      Reklame gabungan audiovisual, adalah reklame yang dapat dilihat dan didengar. Contoh: TV, bioskop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar